05 Januari 2009

Qualcomm hentikan UMB, Persaingan 4G tinggal LTE dan WiMAX

Sebuah berita mengejutkan datang dari Qualcomm Nopember lalu ketika perusahaan tersebut memutuskan menghentikan pengembangan UMB (Ultra Mobile Broadband). Perusahaan tersebut kini memfokuskan pada pengembangan platform yang berbasis Long Term Evolution (LTE) - yang juga didukung oleh sebagian besar operator WCDMA yang menjadikan teknologi ini sebagai teknologi jaringan mereka berikutnya.

Sebelumnya Qualcomm adalah salah satu patisipan yang berkompetisi pada pengembangan teknologi 4G dengan menggunakan produk yang mereka rancang sendiri, UMB. Banyak kalangan yang memplesetkan UMB menjadi UMF (Ultra Mobile Fail). Kini persaingan 4G bertumpu pada LTE dan WiMAX. Dalam perlomabaan ini, WiMAX sementara berada di depan karena sejumlah negara telah merilis sistem WiMAX mereka sementara LTE masih dalam tahap uji coba. LTE baru akan diluncurkan secara komesial pada 2009 ini.

Sebagai supporter, Qualcomm sangat serius dengan LTE. Mereka telah merencanakan untuk memulai membuat sampling multi-mode chips termasuk LTE pada kuartal kedua 2009. Karena itu, kompetisi layanan 4G semakin meinggi.

0 komentar: